June 05, 2012

Komunitas Belajar

Dalam pendidikan, istilah komunitas belajar adalah sesuatu yang sudah biasa untuk didengar.  Istilah ini biasanya mengacu kepada beberapa hal, misalnya membawa kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan di dalam kelas kemudian diubah untuk dilaksanakan di tengah komunitas; membawa salah satu nara sumber dari luar lingkungan sekolah masuk ke sekolah untuk memperkaya kurikulum dan tugas belajar siswa; ataupun juga melibatkan siswa, guru dan tenaga kependidikan ke dalam kehidupan pembelajaran yang terus menerus.  

Ada sebuah istilah yang mengacu kepada hal tersebut di atas yang saat ini sudah mulai banyak digunakan di sekolah - sekolah yang sudah memahami bahwa pembelajaran tidak bisa dibatasi di dalam kelas.  Istilah tersebut adalah "the professional learning community" atau ada juga yang menyebutkan sebagai "the professional community of learners."  Dalam komunitas tersebut guru - guru di sekolah dan para tenaga kependidikan secara terus menerus mencari dan membagikan hasil belajar serta berusaha mempraktikkan apa yang telah mereka pelajari. 

Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan efektifitas kerja mereka sehingga dapat bermanfaat bagi siswa.  Tugas ini juga disebut komunitas pencarian dan pengembangan secara berkelanjutan.   

Sebagai sebuah organisasi,  professional learning community dipandang sebagai pendekatan pengembangan staff yang kokoh dan strategi yang potensial bagi pengembangan dan perubahan sekolah.   Dengan demikian, setiap orang dalam tiap tingkatan sistem pendidikan tersebut akan bertanggung jawab terhadap pengembangan sekolah. 

No comments:

Post a Comment